Minggu, 26 November 2023

Kemeriahan Puncak Hari Aksara Provinsi Jatim di Kota Batu | PKBM AL-MASTHURIYAH




KOTA BATU – Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional ke 58 tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 sukses digelar di Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Rabu (22/11). Kegiatan dibuka tari kreasi nusantara yang dibawakan oleh SD Muslim Cendekia Kota Batu.


Kemudian dilanjut flashmob gabungan paduan suara dari 290  siswa jenjang SD-SMP-SMA se Kota Wisata Batu, yang menghibur para undangan dari Dinas Pendidikan kabupaten kota se Jawa Timur.


Dalam kegiatan ini, Kota Batu meraih dua penghargaan yaitu Peringkat 1 Daerah dengan Pengembangan Literasi dalam Penuntasan Buta Aksara, dan Penghargaan Stand Kreatif dalam Peringatan Hari Aksara Internasional ke 58 Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.


Kegiatan Hari Aksara Internasional Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono, Bupati/Wali Kota dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Jawa Timur, Forkopimda Kota Batu.


Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menyampaikan terimakasih sudah menjadikan Kota Batu sebagai tuan rumah kegiatan ini.


Menariknya lagi, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Expo pendidikan, selain itu juga dilakukan seminar dan berbagai kegiatan yang diikuti dinas pendidikan 38 kabupaten kota se-Jawa Timur.


“Keikutsertaan kabupaten/kota di Jawa Timur membuktikan semakin tinggi kepeduliannya dalam peningkatan literasi utamanya aksara di Jawa Timur,” ujar Aries.


Baca Juga : Tingkatkan Budaya Literasi Masyarakat untuk Gerakan Indonesia Membaca


Sebagai Kadindik Prov Jatim, Aries berharap agar dengan peringatan hari aksara pendidikan di provinsi Jawa Timur akan semakin maju dan berkembang di tengah tantangan yang semakin dinamis dengan penguatan kurikulum merdeka didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.


“Ditengah tantangan pendidikan yang semakin dinamis diharapkan peringatan Hari Aksara Internasional Provinsi Jawa Timur menjadi kekuatan bersama,” imbuhnya.


Pada kegiatan tersebut, selain pameran juga dilakukan Penandatanganan Mou Pemerintah Kota Batu dengan Sampoerna Putra Foundation, tentang kesepakatan bersama tentang kerjasama dan pembangunan daerah.



Serta dilanjutkan penandatanganan surat kuasa khusus oleh Pj Wali Kota Batu dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih. Untuk MoU ketiga, Perjanjian Kerjasama peningkatan kualitas pendidikan jenjang SD-SMP-SMA tentang pelatihan guru.


Selanjutnya Sekda Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono menyerahkan piagam penghargaan kepada peraih prestasi diberbagai bidang pendidikan mulai penghargaan untuk kabupaten/kota, hingga siswa SMA/SMP berprestasi di Jawa Timur yang mengikuti berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional.


Baca Juga : Baharuddin Lopa : Integritas Jalan Hidup


Selain itu juga diberikan penghargaan kepada stan desain terbaik Kabupaten Banyuwangi, Stan paling banyak pengunjung Kabupaten Ponorogo, dan Stand paling kreatif Kota Batu.


Adhy juga yakin bahwa Pendidikan di Jawa Timur akan semakin maju dengan kolaborasi dan kerjasama sekaligus akses masyarakat di dunia pendidikan. Sekda juga akan menambah beasiswa baik bagi siswa maupun guru yang ingin menambah pengetahuan dan wawasan dalam mengembangkan pendidikan di Jawa Timur.


“Dengan segala upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam meningkatkan literasi berharap mendapat hasil yang maksimal dan tidak ada lagi masyarakat yang pendidikannya hanya ditingkat SMP,” pungkasnya. 



Tags :

bm

AL MASTHURIYAH INSTITUT

KI HAJAR DEWANTARA

  • "-" (Di depan memberi Contoh)
  • "-" (Di tengah Memberi Bimbingan)
  • "-" (Di belakang Memberi Dorongan)

  • : AL-MASTHURIYAH INSTITUT
  • : 13 Februari 2021
  • : Basoka -Rubaru
  • : mahfudp@gmail.com
  • : 081807056262

Posting Komentar